7 Faktor Penyebab Ketombe Pada Rambut


Ketombe bukanlah sebuah penyakit menular apalagi penyakit ganas. Namun, hampir semua orang sangat anti dengan masalah rambut ini karena alasan bisa merusak penampilan. Memang ada sebagian orang yang menyepelekan ketombe dan menganggapnya hanya sebagai masalah biasa, namun disadari atau tidak, ketombe bisa memicu timbulnya masalah lain yang lebih serius, seperti kulit kepala memerah, iritasi, gatal-gatal, bahkan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan infeksi bakteri.

rambut ketombe

Ketombe Adalah...


Ketombe merupakan gangguan kulit kepala yang bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Ketombe sendiri merupakan salah satu gejala iritasi kulit kepala yang yang ditandai oleh terkelupasnya sel-sel kulit mati secara berlebihan. Pengelupasan sel kulit mati sebenarnya adalah hal yang wajar dan dialami oleh setiap orang. Pengelupasan kulit kepala baru kita sebut sebagai ketombe jika kelupasan-kelupasan tersebut bertambah semakin banyak, berlangsung terus-menerus, serta mulai terlihat mencolok oleh mata.

Normalnya, sel-sel kulit mati di rambut selalu mengalami pengelupasan karena merupakan bagian dari proses regenerasi tubuh. Namun karena sebab-sebab tertentu, pengelupasan sel-sel mati kulit kepala ini bisa menimbulkan apa yang kita sebut dengan ketombe. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambut berketombe.

Penyebab Ketombe


Berikut adalah beberapa faktor yang biasa menjadi penyebab utama munculnya ketombe. Untuk mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan ketombe dengan cara yang mudah dilakukan, klik: Cara Menghilangkan Ketombe.

  1. Asupan Nutrisi yang Tidak Seimbang
    Inilah salah satu faktor paling umum penyebab ketombe, yaitu karena kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Zat seng (zinc) adalah salah satu mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kesehatan kulit kepala. Kekurangan nutrisi inilah yang biasanya menyebabkan timbulnya ketombe pada kulit kepala. Kebutuhan akan asupan seng sendiri dapat kita penuhi dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, kerang, atau daging kalkun. (Selengkapnya: Makanan Untuk Rambut Sehat).

  2. Kulit Kepala Terlalu Berminyak
    Minyak yang berlebihan adalah salah satu biang keladi dari berbagai masalah pada rambut, termasuk ketombe. Minyak pada kulit kepala akan menyebabkan sel-sel kulit mati yang sudah terkelupas menjadi terkumpul pada satu tempat sehingga akan menebal dan terlihat mencolok. Solusinya, selalu jaga kebersihan kulit kepala kita agar terhindar dari minyak yang berlebihan.

  3. Kurang Menjaga Kebersihan
    Hampir seperti penjelasan sebelumnya, kulit kepala yang tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan munculnya minyak yang berlebihan. Namun parahnya, sebagian orang ada yang menolak menggukanan shampo saat sedang berketombe karena mereka beranggapan jika shampo bisa memperparah ketombe mereka karena akan menyebabkan kulit kepala menjadi kering

    Memang benar jika kulit kepala kering, maka iritasi akan timbul dan ketombe akan lebih mudah muncul. Namun, sebenarnya kita bisa mensiasati hal ini dengan menggunakan shampo khusus anti ketombe. Shampo anti ketombe yang baik akan menyerap minyak berlebihan pada kulit kepala sekaligus memiliki kandungan nutrisi yang bisa mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala sehingga sel-sel kulit tidak mengelupas secara berlebihan.

  4. Pengaruh Makanan
    Bagi yang sudah terlanjur menderita atau ingin mencegah ketombe, sebaiknya kurangilah makanan-makanan seperti gorengan, makanan pedas, serta makanan dengan kadar gula tinggi karena jenis-jenis makanan tersebut dapat menimbulkan minyak berlebihan dan iritasi pada kulit kepala yang dapat memicu ketombe.

  5. Salah Memilih Produk Perawatan Rambut
    Bagi anda yang sering menggunakan produk-produk kecantikan rambut seperti pewarna, creambath, atau masker rambut, sebaiknya mulai sekarang harus berhati-hati. Hal tersebut dikarenakan sensitivitas kulit kepala yang berbeda pada setiap orang. Pemilihan produk perawatan rambut yang salah bisa menyebabkan iritasi para kulit kepala dan bukan tidak mungkin akan memicu ketombe.

  6. Stres
    Bukan hanya faktor fisiologis saja yang dapat memicu ketombe, faktor psikologis seperti stres pun ternyata juga dapat menyebabkan timbulya ketombe. Stres yang berlebihan akan menyebabkan emosi kita menjadi tidak stabil. Saat emosi sedang tidak stabil, ada hormon-hormon tertentu yang diproduksi tubuh. Beberapa hormon ini bisa memicu produksi minyak yang berlebihan pada tubuh, termasuk minyak pada kulit kepala.

  7. Pengaruh Jamur Atau Penyakit Kulit Lain
    Penyakit kulit psoriasis dan dermatitis seboroik adalah dua penyakit kulit kepala yang bisa menimbulkan ketombe pada rambut. Psoriasis adalah kondisi kulit bersisik yang dipicu oleh alergi, sedangkan dermatitis seboroik adalah infeksi kulit kepala oleh jamur. Kedua penyakit kulit ini akan menyebabkan pengelupasan yang ekstrim pada kulit kepala yang dapat menimbulkan ketombe.
7 Faktor Penyebab Ketombe Pada Rambut | Alfie Febrian | 5