Saturday, September 28, 2013

7 Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu merupakan salah satu hewan parasit yang bisa hidup pada rambut manusia dengan cara menyedot darah dari kulit kepala korbannya. Keberadaan kutu rambut yang bersarang pada kulit kepala ini bisa menimbulkan banyak masalah seperti gatal-gatal, iritasi kulit, hingga reaksi dari orang lain yang menjadi risih dengan kita.

Masalah kutu rambut tidak boleh disepelekan begitu saja, hewan kecil berukuran 2mm ini bisa menimbulkan bekas-bekas luka pada kulit kepala yang pada akhirnya akan menyebabkan rambut menjadi rontok sampai mengakibatkan keluarnya darah dan nanah pada permukaan kulit kepala. Sebenarnya, ada banyak sekali cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menyingkirkan kutu rambut selama-lamanya tanpa harus membunuhnya satu persatu atau istilahnya "metani tumo" seperti yang dilakukan oleh kakek nenek kita dulu.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menghilangkan kutu rambut namun terbukti ampuh dapat bekerja cepat dan sangat efektif untuk membasmi hewan berukuran 2mm ini dari rambut kita.

  1. Rajin-rajinlah Keramas
    Menjaga kebersihan merupakan kunci utama untuk membasmi kutu rambut. Apalagi kutu ternyata sangat menyukai lingkungan rambut yang lembab dan jarang dibersihkan. Dengan rajin melakukan keramas, maka kelembaban berlebihan pada rambut dan kulit kepala akan bisa dikurangi, sehingga kutu akan pergi dengan sendirinya karena hewan ini sangat membenci lingkungan yang kering.

    Namun yang perlu diingat, jangan gunakan shampo terlalu berlebihan, cukup keramas 2 hari sekali saja. Penggunaan shampo yang berlebihan justru malah akan membuat kulit kepala menjadi terlalu kering dan rambut mudah rontok.

  2. Gunakan Cuka
    Kadar keasaman yang tinggi pada cuka bisa membuat kutu mati seketika. Namun cara ini sangat tidak dianjurkan bagi anda yang memiliki kulit kepala dan wajah yang sensitif karena dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi. Setelah diolesi cuka dan didiamkan selama 3 menit, keramasi rambut dengan shampo agar tingkat keasaman kulit kembali normal dan telur kutu bisa terangkat.

  3. Gunakan Bawang Merah
    Baunya yang luar biasa menyengat akan memaksa kutu rambut untuk segera pergi meninggalkan sarangnya. Cara penggunaannya, cukup haluskan 3 siung bawang merah, tambahkan sedikit air, lalu usap-usapkan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Jangan lupa untuk mengkeramasi rambut dengan shampo agar rambut anda tidak ikut-ikutan berbau menyengat.

  4. Gunakan Sisir Serit
    Tidak seperti sisir pada umumnya, sisir khusus pembasmi kutu ini memiliki gerigi yang luar biasa rapat dan bisa membuat kutu terperangkap pada gerigi-geriginya. Sisir ini memang tidak bisa membasmi tuntas seluruh kutu yang bersarang di rambut anda, namun tidak ada salahnya untuk menggunakannya.

  5. Gunakan Shampo Pembasmi Kutu
    Shampo khusus pembasmi kutu bisa dengan mudah anda dapatkan di apotik-apotik terdekat. Shampo ini memiliki fungsi untuk mengendalikan tingkat keasaman serta kelembaban rambut dan kulit kepala agar kutu dapat dimusnahkan dan tidak betah menghuni rambut anda.

  6. Gunakan Obat Dalam
    Beberapa jenis obat dalam, sebut saja Crotamiton, Benzene hexachloride, dan Malathion terbukti cukup ampuh untuk membantai kutu di rambut anda. Obat-obatan ini dapat diperoleh dengan mudah di apotek-apotek terdekat.

  7. Botakin Kepala
    Inilah cara yang paling simpel namun sangat ampuh untuk menghilangkan kutu di kepala anda. Hal ini dikarenakan kepala botak akan membuat kutu terpeleset jatuh karena kepala yang licin kehilangan habitatnya yang basah dan lembab karena rambut yang sudah dipangkas habis.

Meskipun sudah berhasil dilenyapkan, kutu rambut nyatanya bisa kembali lagi kapan saja. Telur-telur kutu yang mungkin masih tersisa di rambut serta tertular kutu dari orang lain bisa membuat hewan kecil ini kembali membuat sarangnya di rambut anda. Pastikan anda selalu melakukan hal-hal dibawah ini untuk mencegah kutu agar tidak kembali lagi.

  • Jangan terlalu dekat dengan orang yang berkutu. Mungkin terdengar sedikit kejam, tapi selalu ingat bahwa kutu bisa menular kapan saja.
  • Pastikan tidak ada anggota keluarga yang masih mempunyai kutu. Jika masih ada yang memiliki kutu rambut, sarankan kepada mereka untuk segera mengobatinya agar tidak menular kepada anda.
  • Bersihkan aksesoris rambut anda. Aksesori rambut seperti jilbab, topi, pengikat, serta sisir bisa saja masih mengandung telur kutu. Untuk menghilangkannya, selalu cuci secara berkala dan jemur aksesoris-aksesoris rambut tersebut agar telur-telur kutu mati.
  • Selalu jaga kebersihan dan kesehatan rambut. Sekeras apapun usaha anda untuk menghilangkan kutu rambut, sepertinya akan sia-sia saja jika anda tidak pernah menjaga kebersihan dan kesehatan rambut anda. Selalu pastikan anda melakukan keramas secara teratur dan lakukan perawatan-perawatan kesehatan rambut yang diperlukan.
Posted By: Alfie Febrian

7 Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

© Tips Rambut All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates